PENGUMUMAN HASIL UJIAN PPAT 2016



Setelah ditunggu tunggu akhirnya Keputusan Panitia Penyelenggara Ujian PPAT nomor 486/Kep.400.17.3/XII/2016 tanggal 29 Desember 2016 tentang Penetapan Hasil Ujian PPAT Tahun 2016, sekitar 5.076 orang dinyatakan lulus dari sekitar 7.000 peserta ujian. Calon PPAT yang dinyatakan lulus tersebut, berdasarkan PERMEN No. 31 Tahun 2016 tentang Tata Cara Ujian, Magang , dan Pengangkatan PPAT, sebelum diangkat sebagai PPAT diharuskan bermohon dan mengikuti ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 14 di PERMEN tersebut.

Yang menjadi perhatian adalah syarat sertifikat pelatihan dasar, berdasarkan Pasal 14 (3) butir C. Para calon PPAT diharuskan untuk mengikuti hal tersebut yang ditegaskan lebih lanjut di Pasal 15. Pelatihan dasar tersebut diselenggarakan oleh kementerian agar Calon PPAT memahami dasar-dasar hukum dan administrasi keagrariaan/pertanahan, dan pelaksanaan jabatan PPAT.

Walaupun sampai saat ini belum ada pengumuman resmi terkait hal tersebut telah beredar pengumuman tidak resmi terkait itu, baik dari sisi biaya maupun tempat pelaksanaan. Dari sisi biaya yang dibebankan terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak , tidakb ada aturan yang pas terkait hal tersebut, berdasarkan PP Nomor 128 Tahun 2015 terdapat item Peningkatan Kualitas PPAT dengan nilai PNBP sekitar Rp. 2.900.00,- . Jika item ini yang dipakai, sesuai redaksi kalimat tidak pas karena pelatihan ini akan diikuti oleh calon PPAT, belum PPAT. Ini juga menyambung status dari sdra Zul Fadli

Dari sisi tempat, dengan jumlah peserta yang ribuan tentunya akan membludak jika ditempatkan di satu daerah, sekedar saran jika pelatihan tersebut sebaiknya diadakan di Kanwil masing-masing, selain dari sisi efisiensi dan efektifitas, juga sebagai sarana pengenalan wilayah kerja bagi calon PPAT.

Tulisan ini hanya sekedar berbagi uneg-uneg yang beredar dari kawan-kawan #INIMI ( Irsan Haerudin A , Muhammad Ishak , Maulana Theodor Sauala ) setelah Keluarnya Hasil ujian PPAT 2016.

Pengumuman Hasil Ujian PPAT Tahun 2016 Lihat disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Waris Perdata

HAK-HAK ATAS TANAH MENURUT UUPA DAN PP. NO.40/1996

SISTEM ADMINISTRASI DAN TATA KELOLA KANTOR NOTARIS. [1]