Georgios Vakouftsis, Orang Yunani Pertama yang Berkostum Fiorentina

Georgios Vakouftsis lahir di Trikala Yunani pada 30 Januari 1980. Tingginya yang mencapai 192 cm, menjadi salah satu alasan yang membuat pemandu bakat Fiorentina mengontr...aknya dari tim remaja Panathinaikos pada tahun 1999 silam.



Setelah bergabung dengan I Viola, Vakouftsis langsung menciptakan rekor, bahkan dua rekor sekaligus. Pertama, ia menjadi pemain Yunani pertama yang mengenakan seragam Fiorentina. Kedua, ia memiliki kontrak terlama di I Viola Squadra saat itu, dari 1999 sampai 2005. Sayang, sejak tahun 2000 sampai 2002 ia dipinjamkan ke Ravenna dan Iraklis sebelum kontraknya diputus pada akhir musim 2001/2002 lantaran I Viola bangkrut.



Debut pertamanya di Serie A adalah saat lawan Bari pada musim 1999/2000. Pria asal Yunani ini juga memiliki karakter yang 'dingin'. Vakouftsis tak pernah mengumbar emosinya, ia tak pernah terlihat sangat gembira atau memperlihatkan kemarahannya meskipun sedang dalam tekanan.



Pelatih I Viola saat itu, Giovanni Trappatoni, bahkan menggambarkannya sebagai gabungan Gabriel Batistuta dan Abel Balbo ketika ia memulai debutnya di Coppa Italia melawan Venezia di musim yang sama. Ia seperti seorang stuntman, bersedia jatuh bangun untuk memperebutkan bola dan termasuk juga benturan secara fisik. Tak heran jika kemudian ia mendapat julukan 'Il Greco Batistuta', Batistuta dari Yunani.



Sebelum bermain dalam tim utama Fiorentina, Vakouftsis lebih dulu menjadi anggota Primavera I Viola. Sejak itu ia sudah terlihat seperti orang Italia ketimbang orang Yunani lantaran gemar menyantap satu porsi besar kue khas Italia, Merendine (sejenis tart) bersama secangkir cappucino.



Sementara itu, ketika ditanya wartawan bagaiamana perasaannya bisa menggantikan posisi Batistuta yang tengah cedera, dengan kalem ia menjawab, "Saya senang, tapi Batistuta tak bisa digantikan. Ia yang terbaik di seluruh dunia."



Saya kira jawaban Vakouftis juga wajib diamini para tifosi Fiorentina di seluruh dunia. Setuju!






Riki Noviana (ViolaClubIndonesia)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Waris Perdata

HAK-HAK ATAS TANAH MENURUT UUPA DAN PP. NO.40/1996

SISTEM ADMINISTRASI DAN TATA KELOLA KANTOR NOTARIS. [1]