Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut



Taman Laut Wakatobi, merupakan nama kawasan taman laut nasional yang masuk dalamwilayah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, yang ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 1996, dengan total area mencapai seluas 1,39 juta hektar.Taman Laut Nasional Wakatobi, disamping sebagai surga di pusat Terumbu Karang Dunia sekaligus merupakan obyek wisata bahari bagi para petualang alam bawah laut.

Kebijakan yang ditempuh pemerintah menetapkan sebagai kawasan taman laut nasional melalui Menteri Kehutanan RI, dengan alasan bahwa di alam bawah laut gugusan Kepulauan Wakatobi, terdapat terumbu karang paling indah di dunia, bak surga nyata bawah laut.

Di dalam kawasan ini, justru banyak sekali dijumpai keaneka ragaman hayati laut, baik skala maupun kondisi karang, yang menempati salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Malahan saat ini, kawasan Taman Laut Nasional Wakatobi resmi menjadi pusat penelitian bawah laut dunia.

Dengan kedalaman air yang sangat bervariasi, bagian terdalam hingga mencapai 1 kilometer dibawah permukaan air laut dan jumlah ekosistem terumbu karang sebanyak 875 jenis spesies (jumlah spesies terumbu karang tersebut hanya terpaut 100 spesies dari jumlah spesies terumbu karang di Laut Karibia yang memiliki 850 spesies terumbu karang dunia) serta 600 spesies jenis ikan dan biota laut lainnya. Lokasi yang diklaim berada di Pusat Segitiga Karang Dunia ini mempunyai kawasan terumbu karang seluas sekitar 1,3 juta hektar dengan 750 jenis terumbu karang atau sekitar 80% dari jumlah seluruh terumbu karang yang ada di dunia.
Tujuan wisata menyelam dengan salah satu terumbu karang terbaik di dunia di mana Anda dapat melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dalam kenyamanan menyeluruh. Penyelaman di Wakatobi didominasi oleh penyelaman dinding atau wall diving karena terumbu karang disini mempunyai kemiringan yang terjal. Lokasi penyelaman seperti Hoga Channel, Karang Runduma memiliki keistimewaan dimana masih dijumpai agregasi ikan bertelur. Seperti halnya lokasi penyelaman lainnya, Wakatobi memiliki keindahan terumbu karang dan biota laut yang menawan dan air yang jernih.
Biota menarik yang bisa djumpai saat menyelam antara lain gurita, udang karang, ular laut, nudibranch serta ikan napoleon dan kerapu.

Membuat pulau ini, menjadi idaman bagi para pecandu selam (diving) untuk datang, dan menikmati lebih dekat pemandangan keindahan panorama alam bawah laut.

Selain kegiatan diving untuk wisata selam, tentunya bagi yang mempunyai hobby tantangan dengan berselancar di laut lepas, para peselancar dapat menggunakan potensi kawasan taman nasional ini sekaligus berlayar juga bisa dilakukan oleh para wisatawan. Mengingat Kepulauan Wakatobi berada dilaut lepas, yang merupakan pertemuan antara Laut Banda dan Laut Flores.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Waris Perdata

HAK-HAK ATAS TANAH MENURUT UUPA DAN PP. NO.40/1996

SISTEM ADMINISTRASI DAN TATA KELOLA KANTOR NOTARIS. [1]