FIORENTINA vs juventus LEBIH DARI SEKEDAR PERMAINAN (Bag. II)


Tidak semua pecinta sepakbola dunia tahu jika ada perseteruan yang sangat dalam antara Fiorentina dengan Juventus.mari kita mengingat awal mula terjadinya perseteruan itu.

Kejadian berawal pada musim kompetisi 1981/1982. Selama separuh musim Fiorentina memimpin liga. Tapi menjelang pertandingan terakhir perolehan nilai mereka bisa disamai oleh Juventus. Pada partai pamungkas, Juventus bertandang ke Catanzaro, sedangkan Fiorentina ke Cagliari.

Hingga akhir babak pertama, kedudukan masih sama-sama imbang tanpa gol. Para pengamat pun mulai membicarakan kemungkinan penentuan juara lewat pertandingan play off.

Tapi terjadilah skandal yang menghebohkan. Pada babak kedua I Viola mencetak gol lewat Daniel Bertoni - ada juga yang menyebut pencetaknya Francesco Graziani. Tapi entah kenapa wasit menganulir. Di saat bersamaan, Juventus malah dihadiahi penalti pada menit ke-75.

Gelar pun terbang ke Turin diiringi tangis kepedihan para Fiorentini. Selama berminggu-minggu, mereka turun ke jalanan untuk memprotes kepemimpinan wasit. Tapi FIGC (PSSI-nya Italia) tak bergeming dan tetap mengesahkan gelar Juventus.

Sejak itulah berkembang 'teori konspiras' dan politik uang Juventus dalam percaturan Serie A. Makanya, ketika kasus serupa dialami Inter pada musim 1997/1998, pengurus Fiorentina yang paling vokal mensinyalir adanya konspirasi tersebut.

Itu pula sebabnya kota Firenze berpesta semalaman ketika Fiorentina memukul Juventus 3-0 pada musim 1997/1998. Bagi mereka kemenangan itu tak ubahnya sukses meraih Scudetto.

Source : Today.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Waris Perdata

HAK-HAK ATAS TANAH MENURUT UUPA DAN PP. NO.40/1996

SISTEM ADMINISTRASI DAN TATA KELOLA KANTOR NOTARIS. [1]