FIORENTINA vs juventus LEBIH DARI SEKEDAR PERMAINAN

Adalah wajar jika terjadi perselisihan ataupun persaingan yang teramat sangat bagi dua buah klub yang bertempat tinggal dalam satu kota yang sama, secara geografis jelas jarak hampir tidak ada bagi mereka semisal ambil contoh perseteruan antara Roma-Lazio, Inter-AC Milan, ataupun Chelsea-Arsenal di inggris.

Mereka semua selalu terlibat pertengkaran yang dahsyat jika saling bertemu, tentu saja! Ini partai Derby bung! Membicarakan derby itu artinya tentang segalanya, harga diri, prestise, kejayaan dan juga kekuasaan kelompok pada wilayah tersebut.
Namun jika jarak antara dua tim yang ada terbentang begitu jauh dan bukan merupakan tim satu kota tapi memiliki tingkat perseteruan setara dengan partai derby, berarti ada sesuatu yang spesial dalam sejarah laga ini.

Dan hal itulah yang dimiliki partai antara Juventus dan Fiorentina keduanya memiliki sejarah panjang dari perseteruan dan persaingan sengit yang mereka miliki, ini adalah partai yang selalu menjadi buah bibir tersendiri di negeri Spaghetti.
Perseteruan Juventus Fiorentina bukanlah sebuah derby namun memiliki aroma permusuhan yang teramat klasik dan puncaknya terjadi di tahun 1982, saat itu keduanya tengah bersaing ketat dalam perburuan Scudetto musim itu.

Pada laga terakhir masing-masing tim memiliki poin yang sama, Fiorentina mengejar Scudetto yang menjadi barang langka bagi mereka sementara Juve mengejar mahkota juara ke-20nya kala itu.

Fiorentina melakukan lawatan ke Cagliari, sementara Juventus ke Catanzaro, dan apa yang terjadi masih bisa membuat fans La Viola marah hingga hari ini, Fiorentina sempat unggul namun gol dianulir hingga kedudukan menjadi 0-0 hingga partai berakhir, sementara Juve mencetak gol melalui penalti Liam Brady yang membuat mereka menjadi juara.

Keputusan tersebut akan selalu membekas di hati para tifosi La Viola sampai kapanpun dan akan selalu abadi, waktu itu mereka meneriakkan kata-kata "Meglio secondi che ladri," yang jika diartikan "Lebih baik menjadi peringkat kedua dari pada menjadi pencuri."

Source : Bola.Net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Waris Perdata

HAK-HAK ATAS TANAH MENURUT UUPA DAN PP. NO.40/1996

SISTEM ADMINISTRASI DAN TATA KELOLA KANTOR NOTARIS. [1]